FITUR-FITUR TEKNOLOGI PADA MIKROPOCESSOR



DEVELOPER : Khusnul Khotimah,SMK Al Kaaffah
ADVISER       : Sutrisno
ABSTRAK      : FITUR-FITUR TEKNOLOGI PADA MIKROPOCESSOR
                               
 
1.    MMX
  1. MMX adalah sebuah teknologi hasil perusahaan intel. Pada awalnya, istilah MMX merupakan ke pendekan dari Multi Media eXtension atau Multiple Match atau Matrix Match eXtension. Namun pihak intel secara resmi menolak pengertian tersebut dan mengatakan bahwa MMX bukan lah singkatan apapun. MMX adalah trademarket (cap atau merek dagang) intel yang mengandung pengertian atas peningkatan prosesor atas kompresi dan dekompresi video, manipulasi gambar enkripsi, pemrosesan input atau output.
MMX merupakan sebuah perluasan intuksi microprosesor yang membantun proses penghitunga pada beberapa aplikasi, yaitu : aplikasi multimedia, game, aditor gambar 2 dimensi, kompresi atau dekompresi, enkripsi dan aplikasi lainnya.
MMX sendiri sebenarnya adalah sekumpulan intruksi SIMD, dengan penerapan SIMD memungkinkan chip prosesor mengeksekusi perintah perintah yang berulang ulang atau yang parallel secara cepat, terutama ketika prosesor menjalankan perintah yang berhubungan dengan video, audio, grafik dan animasi. Secara teknis dijelaskan bahwa
Kedalam rancangan teknologi MMX ini, intel menambahkan 8 register baru kelam arsitektur prosesornya. Register tersebut adalah MMD hingga MM7. Kenyataannya, register baru ini adalah nama lain dari stack register FPU x 87 yang sudah ada.
2. SSE,SSE2,SSE3,SSSE4
  a. SSE
                Streaming SIMD eXtension (Streaming single Intruction Multiple Data Extension), adalah sebuah teknik buatan intel yang merupakan set intruksi hasil pengembangan dan penyempurnaan dari teknologi MMX. SSE merupakan set pengembangan yang lebih besar dari intruksi SIMD, dengan dukungan Floating Point 32 bit dan penambahan set register registervektor 128 bit, yang memudahakan operasi SIMD dan FPU (Floating Point Unit) dalam waktu bersamaan. Teknologi SSE diperkenalkan pertama kali pada bulan februari 1999. Sampai sekrang sebagian besar prosesor modern dilengkapi SSE. Teknologi ini oleh intel juga dilisensikan ke perusahaan prosesor lainyya, misalnya AMD, Cyric/ VIA.
                Kedalam SSE versi pertama, ditambahkan intruksi 70 baru yang digunakan untuk pemrosesan grafik dan suara yang lebih baik dari pada yang disediakan oleh intruksi MMX. Selain penambahan kemampuan kalkulasi pemrosesan MMX yanghanya dapat menangani bilangan integer, SSE juga menambahkan kemampuan kalkulasi terhadap bilangan Floating Point, dan menggunakan unit SSE terpisah dari pada menggunakan FPU yang sama seperti yang terjadi pada MMX.
                Teknologi SSE diterapkan pertama kali pada prosesor intel Pentium 3 yang bernama Sandi Katmai, sehingga sering juga disebut dengan nama Katmai New Intruction (KNI).
   b. SSE 2
SSE dikembangkan lagi menjadi SSE2, yang juga mengembangkan instruksi-instruksi MMX sehingga dapat beroperasi pada register XMM 128 bit. Pada saat itu, SSE dan SSE2 merupakan teknologi eksklusif yang hanya terdapat pada prosesor Intel. Teknologi SSE diterapkan pertama kali pada prosesor Intel Pentium III . Keuntungan teknologi ini antara lain:
1.      Pencapaian resolusi yang lebih tinggi dan kualitas tampilan gambar yang lebih bagus pada software-software grafis.
2.      Kualitas yang lebih tinggi untuk aplikasi multimedia, seperti encoding dan decoding audio dan video MPEG2.
3.      Mengurangi beban kerja CPU untuk keperluan speech recognition.
4.      Meningkatkan akurasi serta respon yang lebih cepat ketika menjalankan aplikasi speech recognition

SSE2 pertama kali diterapkan pada prosesor Pentium 4. Jika pada SSE memiliki 70 instruksi, maka pada SSE2 memiliki tambahan 144 instruksi baru. Di sisi lain, sejak AMD merilis prosesor keluarga Atlon 64 ke pasaran, tidak lagi mengembangkan teknologi 3DNow!. AMD kembali membeli lisensi SSE2 dari Intel.

  c.  SSE3 
        diperkenalkan pada tahun 2004,memiliki tambahan 13 intruksi dari 144 intruksi baru menjadi 157 intruksi.

  d. SSSE3
        dikembangkan dari SSE3, yang terletak pada mikropocessor intel core, dengan nama sandi TEJAS NEW EXTRAKSENT dengan tambahan 16 intruksi baru
         
3.SSE4
        set intruksi yang dibuat oleh intel yang digabungkan pada mikropocessor intel core,. Digunakan untuk meningkatkan multimedia dan hitungan. yang mempunyai 54 intruksi baru.

4. XD bit
XD bit adalah kependekan dari eXecute Disable bit, merupakan salah satu fitur teknologi yang terdapat pada prosesor-prosesor canggih masa kini. Misalnya, terdapat pada prosesor desktop dual core seperti Core 2 Duo (yang bernama sandi Conroe maupun Allendale), pada prosesor Core 2 Extreme (yang bernama sandi Conroe XE), dan terdapat pula pada prosesor desktop quad core seperti Core 2 Extreme (yang bernama sandi Kentsfield XE) ataupun pada Core 2 Quad (yang bernama sandi Kentsfield). Pada prosesor-prosesor generasi sebelumnya juga ada yang sudah dilengkapi teknologi XD bit, misalnya pada Pentium M (mobile processor), pada Pentium 4 HT (bernama sandi Prescott, prescott 2M, dan Cedar Mill), pada Pentium D (bernama sandi Smithfield dan Presler), serta pada Pentium Extrem Edition.
XD bit adalah sebuah teknologi yang mampu mengubah memori menjadi bersifat executable atau non executabel (bersifat dapat dieksekusi/terbuka atau tidak dapat dieksekusi/tertutup). Proses pengubahan dilakukan dengan cara memberi ‘tanda’ pada memori. Proses tersebut hanya dapat terjadi dengan bantuan software ‘operating system’, misalnya windows XP. Hal ini juga bermakna, teknologi XD bit tidak berguna tanpa dukungan software (operating system) yang kompatibel (sesuai). Teknologi XD bit dapat menampakan fungsinya bila dikombinasikan dengan ‘operating system yang sesuai’.
Apabila ada kode-kode yang berupaya menjalankan (me- running) memori yang bertanda ‘non executable’, maka secara otomatis prosesor akan memberikan pesan error ke ‘operating system’, sehingga proses running tadi tidak akan terjadi. Fitur ini berguna untuk mencegah serangan beberapa jenis malware seperti virus atau worm yang mencoba memasukinya. Dengan demikian Fitur XD bit dapat menolong/membantu meningkatkan keamanan sistem komputer.
XD bit sebenarnya adalah implementasi/penerapan dari teknologi NX bit (NX = No eXecute). NX bit adalah teknologi yang digunakan oleh prosesor untuk memisahkan sebagian area memori untuk tempat penyimpanan lain, misalnya tempat penyimpanan data. Bagian memori ini diberi tanda (atribut NX) yang berarti hanya dapat digunakan untuk penyimpanan data. Instruksi-instruksi prosesor tidak bisa menempati bagian memori tersebut dan tidak dapat mengeksekusinya. Hal ini merupakan teknik umum yang dikenal dengan sebutan ‘proteksi ruang executable’ (executable space protection). Malware biasanya menyisipkan/menyusupkan kode-kodenya ke program-program di ruang/area penyimpanan data, kemudian me-running-nya dari dalam ruang simpan data tadi. Dengan adanya teknologi NX bit, aktivitas malware tadi dapat dicegah atau diantisipasi.
Fitur NX bit umumnya ditemukan pada prosesor-prosesor ‘arsitektur Havard’. Namun, kemudian teknologi NX bit ini juga ditemukan digunakan untuk tujuan pengamanan di prosesor-prosesor konvensional ‘arsitektur von Neumann’. Pihak Intel menggunakan teknologi NX bit pada produk prosesor-prosesornya, dan teknologi tersebut diberi nama XD bit. Pihak AMD menggunakan NX bit ini dengan nama AMD’s NX bit. Baik XD bit maupun AMD’s NX bit mempunyai fungsi yang sama, hanya berbeda dalam nama.
5.Speed step dan EIST
     Teknologi yang dapat mengubah clock speed nya menjadi teknologi lebih rendah dari aslinya.
6.Hyper Threading
      keluaran dari intel. Mengubah langkah" agar lebih cepat. Memungkinkan processor bekerja dengan cara menggandakan bagian dari mikropocessor.
7. Intel 64

Arsitektur Intel® 64 memberikan komputasi 64-bit dalam desain tertanam ketika dikombinasikan dengan perangkat lunak pendukung.1 Arsitektur Intel 64 meningkatkan kinerja dengan memungkinkan sistem menanggapi memori fisik maupun virtual lebih dari 4 GB.

Intel® 64 memberikan dukungan untuk:
  • 64-bit flat virtual address space
  • 64-bit pointer
  • 64-bit wide general-purpose register
  • 64-bit integer support
  • Hingga satu terabyte (TB) platform address space
Produk-produk yang didesain dengan Arsitektur Intel® 64
Rangkaian prosesor Intel® Core™ vPro™ melengkapi PC bisnis dengan keamanan yang dibantu perangkat keras, kemampuan pengelolaan dan peningkatan kinerja.
Untuk desktop, keluarga prosesor Intel® Core™ menawarkan prosesor terpintar dan tercepat dari Intel. Mengadaptasi kebutuhan pengguna, teknologi di dalam prosesor Intel® Core™ generasi ke-4 dirancang untuk secara otomatis menyesuaikan tuntutan kinerja yang berubah-ubah sekaligus mengurangi pemakaian daya.
Laptop dilengkapi dengan prosesor dari rangkaian prosesor Intel® Core™ menyampaikan teknologi mobile tak tertandingi untuk kinerja cerdas—dari video digital ke game yang intens hingga tugas bisnis yang menuntut.
Prosesor Intel® Xeon® memberi daya berbagai server dan workstation multi-core 64-bit. Untuk serangkaian luas infrastruktur, awan (cloud), kepadatan tinggi, dan aplikasi komputasi performa tinggi (HPC), rangkaian Intel® Xeon® prosesor E5 menawarkan server dan workstation baik one-way dan two-way 64-bit multi-core yang berguna. Rangkaian prosesor Intel® Xeon® E7 menyediakan kinerja terukur yang luar biasa dan keandalan kelas yang penting bagi misi untuk aplikasi yang paling menuntut data dan proyek virtualisasi.
8.IAMT
       teknologi sekuriti yang disediakan oleh Intel. Teknologi ini memungkinkan pengelolaan dan keamanan bisa dilakukan dari jarak jauh. Dengan teknologi ini (iAMT), para pengguna tidak perlu khawatir bila mengalami masalah pada komputer yang mereka gunakan. Mereka cukup telepon bagian TI dan melaporkan masalah tersebut. Maka penanganan masalah akan dilakukan dari jarak jauh tanpa harus membawa komputer mereka ke kantor atau ke tukang reparasi .
9. Intel Trusted Execuion Thecnologi
         Teknologi yang digunakan teknologi security oleh intel.
10. IVT-X
        Salah 1 mikroprocessor yang diaplikasika pada mikropocessor x-86. digunakan untuk memberikan   fasilitas virtual machine.




Komentar

Postingan Populer