Fungsi Ping dan Tracert pada pengujian jaringan

Adviser         : Selamet Hariadi, S.Kom
Developer     : Khusnul Khotimah
Pertemuan     : Lab. TKJ SMK Industri Alkaaffah
Tanggal         : 18 Agustus 2017
Abstrak         : Fungsi Ping dan  Tracert pada pengujian jaringan


                                                  PENGERTIAN PING DAN TRACERT
1. Pengertian PING
    Ping ( Packet Internet Ghoper) adalah salah satu program utilitas yang terdapat pada sebuah komputer yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekkan status komputer host tertentu yang berada pada jaringan yang berbasis teknologi internet atau TCP/IP. Dengan menggunakan program ping maka kita dapat mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lainnya atau dengan komputer yang akan kita akses. Status terhubung atau tidaknya suatu komputer diketahui setelah si pengguna menjalankan program ping yaitu dengan mengirimkan sebuah paket ke komputer tujuan yang berupa IP Address atau hostname, apabila komputer yang dituju tersebut dapat memberikan balasan paket maka dapat dipastikan bahwa komputer tersebut terhubung dengan komputer yang kita gunakanBerikut ini fungsi dan kegunaan ping sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui kondisi komputer target, apakah komputer tersebut hidup atau mati
  2. Untuk mengetahui kualitas jaringan. Ping terdiri dari 2 proses, yang pertama pengiriman paket ke komputer target, jika paket yang dikirim bisa sampai ke komputer target maka dia akan mengirimkan kembali paket tersebut ke komputer kita. Proses ini membutuhkan waktu, biasanya dalam hitungan millisecond (ms). Semakin kecil ms yang didapat maka semakin baik jaringan tersebut, hal itu berarti waktu tempuh dalam mengirim dan menerima paket semakin cepat.
  3. Untuk mengetahui ketersediaan jaringan terutama untuk memastikan apakah server, router, atau  mesin gateway berjalan dengan baik atau tidak. Selain itu melalui program ping dapat diketahui kondisi infrastruktur, seperti kondisi kabel, lan card dan sebagainya.  
 Contoh Fungsi Ping


2. Pengertian Tracert
    Traceroute atau Tracert ( pada windows ) merupakan salah satu cara untuk menganalisa jaringan komputer yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di Internet atau jaringan komputer. Mungkin anda pernah mengakses blog/situs yang lama sekali diaksesnya nah sebelum anda memberikan saran kepada pemilik blog/situs sebaiknya anda menganalisa terlebih dulu jaringan komputer yang anda gunakan melalui traceroute ini. Secara mudahnya jika menggunakan sistem operasi windows XP, Tracert ( Windows ) bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi tracert.exe melalui commad prompt, nanti proses rute perjalanan data sebelum sampai ke blog/situs akan terlihat jelas disini IP address, Gateway, ISP provider, dsbnya.

Contoh Fungsi Tracert




Daftar Rujukan
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ping
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Traceroute
  • http://hikmahnurull.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-ping-dan-tracert.html



    Komentar

    Postingan Populer